Saturday, January 7, 2012

Pengguna iPad Indonesia Terendah di Asia Tenggara


Pasar gadget di Indonesia memang unik, itu setidaknya bisa dilihat dari hasil survei Effective Measure terhadap penggunaan perangkat mobile di Asia Tenggara.

Riset dari Effective Measure itu menunjukkan bahwa produk-produk Apple amat digandrungi di kawasan Asia Tenggara, yaitu mencapai 53,1 persen dari populasi e-mobile yang disurevi di kawasan ini.

Dari enam negara yang disurvei, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam, pengguna produk Apple di Indonesia yang terendah, hanya 10,06 persen dari populasi e-mobile di negara ini. Adapun di Vietnam penggunaan produk Apple mencapai 33,7 persen.

Hasil survei ini tidak banyak berbeda dari data yang diungkapkan oleh lembaga riset GfK. Merujuk pada data yang dikeluarkan pada Oktober lalu, sebanyak 67 persen dari penjualan tablet di Indonesia menggunakan sistem operasi Android, sedangkan iPad hanya 33 persen.

Dalam laporan Effective Measure tersebut diungkapkan bahwa dari 53 persen pasar Apple di kawasan Asia Tenggara, sebanyak 32 persen dikuasai iPad, kemudian iPhone 19,1 persen dan iPod Touch 1,9 persen. Laporan ini menyebutkan bahwa jumlah tersebut sama dengan 11,8 juta pengguna dari populasi e-mobile yang disurvei.

Berdasarkan penghitungan terakhir pada Oktober 2011 lalu, Apple memiliki pangsa pasar terbesar di Thailand dan Singapura. Di kedua negara tersebut, produk Apple digunakan oleh lebih dari 70 persen.

Namun kedua negara tersebut mempunyai karakteristik pasar yang berbeda. Pengguna perangkat mobile di Singapura lebih banyak menggunakan iPhone ketimbang iPad.

Penggunaan produk Apple di Thailand mencapai 79,6 persen dengan iPad yang terbanyak, kemudian Singapura 75,8 persen dengan penggunaan iPhone yang terbanyak, Filipina 69,2 persen iPad, Malaysia 57,1 persen iPad, Vietnam 33,7 persen iPad dan Indonesia 10,06 persen iPad.

No comments:

Post a Comment